Jumat, 09 Maret 2012

Permasalahan di Negara Berkembang part 2

Ø  Penduduk, pertumbuhan penduduk yang sangat besar jumlahnya 


Ø  Tingkat Produksi yang rendah, produksi yang rendah ini diakibatkan oleh sumber daya manusia yang kurang memadai sehingga kurang adanya inovasi dalammeningkatkan nilai tambah suatu barang guna mencapai keuntungan yang maksimal.


Ø  Ekonomi Indonesia sangat tergantung kepada ekonomi eksternal, dalam hal inieksternal yang dimaksud yaitu siklus ekonomi Internasional, misalnya pada periode1970-an membumbungnya harga minyak dunia hal ini berakibat postif bagi Indonesiayaitu meningkatnya penerimaan dari ekspor migas sehingga meningkatkan APBNsedangkan pada periode 1982 perekonomian dunia mengalami resesi. 


Ø  Tingkat pendidikan, terdapatnya kegagalan-kegagalan dalam mengembangkan projek di negara-negara berkembang menimbulkan kesadaran kepada ahli-ahli ekonomibahwa kemampuan suatu masyarakat untuk merencanakan dan melaksanakanpembangunan antara lain tergantung kepada taraf pendidikan masyarakatnya


Sumber 4: http://dendybahaja08.blogspot.com/2011/12/permasalahan-ekonomi-di-negara.html



  • Pertumbuhan penduduk yang sangat besar jumlahnya menambah kerumitan masalah-masalah pembangunan yang dihadapi. 
  • Tingginya angka pengangguran dan kemiskinan sehingga tidak seluruh penduduk dapat melakukan kegiatan ekonomi karena untuk berinvestasi kita harus memiliki uang lebih, sedangkan para pengangguran dan masyarakat miskin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun sangat sulit. 
  • Tingkat Produksi yang rendah, produksi yang rendah ini diakibatkan oleh sumber daya manusia yang kurang memadai sehingga kurang adanya inovasi dalam meningkatkan nilai tambah suatu barang guna mencapai keuntungan yang maksimal. 
  • Ekonomi yang sangat tergantung kepada ekonomi eksternal, dalam hal inieksternal yang dimaksud yaitu silkus ekonomi internasional. 
  • Tingkat pendidikan, terdapat kegagalan dalam mengembangkan projek di Negara-negara berkembang menimbulkan kesadaran kepada ahli-ahli ekonomi bahwa kemampuan suatu masyarakat untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan antara lain tergantung kepada taraf pendidikan masyarakatnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar